Jumat, 30 November 2012

Penghinaan suporter


Perseteruan diantara pendukung sepakbola kedua negara bukanlah hal baru, saling ejek di dunia maya dan media sosial kerap dilakukan oleh kedua pendukung masing-masing kesebelasan.

Video aksi pendukung Malaysia yang menghina Indonesia baru-baru ini juga muncul di situs You Tube dan mengundang reaksi warga Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng sejauh ini mengaku belum melihat video tersebut, namun dia mengisyaratkan kemungkinan menyelesaikan hal ini lewat mekanisme aturan yang ada pada Federasi Sepakbola Internasional, FIFA.

Indonesia_ Malaysia_2010 Pertandingan antara Indonesia dengan Malaysia akan menentukan siapa yang akan maju ke babak Semifinal Piala AFF 2012.

"Saya belum melihat langsung. Tentu saja ada ketentuan FIFA tentang suporter yang tidak boleh menghina apalagi mengeluarkan kata-kata rasis ataupun melecehkan. Kalau itu terjadi maka melanggar ketentuan FIFA," kata Andi.

Sementara itu Manajer Timnas Indonesia Habil Marati tidak menganggap video yang berisi penghinaan suporter Malaysia itu sebagai hal serius.

"Kita saat ini tengah menghadapi persiapan menjelang pertandingan besok," kata Habil Marati kepada wartawan BBC Indonesia, Andreas Nugroho.

Saat ditanyakan apakah PSSI akan melakukan protes terhadap Federasi Sepakbola Malaysia atas aksi suporter Malaysia, Habil Marati berujar: "Ini kan oknum, tidak perlu berlebihan menyikapinya, ini hanya psywar saja."

Habil justru mengatakan suporter Indonesia bisa membalas ejekan mereka di stadion pada hari Sabtu nanti.

"Kalau mau membalas di tribun stadion saja jangan diluar, kita kan juga punya penonton yang datang ke stadion kalau masih ada yang mengatakan Indonesia A nanti penonton kita bisa bilang Malaysia A juga."

Pertandingan antara Indonesia dengan Malaysia di Grup B adalah pertandingan yang akan menentukan apakah keduanya bisa lolos ke babak semifinal atau tidak.

Indonesia cukup meraih hasil seri untuk bisa melaju ke babak semifinal sementara Malaysia harus memaksakan kemenangan untuk mengamankan posisinya agar bisa lolos ke semifinal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar